Selasa, 10 Januari 2012

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                        :    SMP
Kelas / Semester          :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran           :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi   :    5.    Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

 

Kompetensi Dasar       :    5.1  Menganalisa data percobaan Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian gerak dan sifatnya.
2.        Membedakan pengertian perpindahan dan jarak.
3.        Menjelaskan pengertian kelajuan.
4.        Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan.
5.        Menjelaskan pengertian GLB.
6.        Menjelaskan ciri GLB.
7.        Mengamati GLB.
8.        Menjelaskan pengertian kecepatan.
9.        Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
10.    Menjelaskan pengertian percepatan.
11.    Mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
12.    Menyebutkan gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran  :    Gerak

Metode Pembelajaran     :     Model

                                           -      Pembelajaran Langsung

                                           -      Pembelajaran Kooperatif
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Percobaan 


Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -    Apakah mobil yang melintas di jalanan tergolong melakukan gerak?
              -    Bagaimana cara menghitung kelajuan rata-rata mobil yang sedang bergerak?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah yang dimaksud dengan gerak?
              -    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kelajuan suatu benda?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak dan sifatnya.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh gerak.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perpindahan, jarak dan kelajuan.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjelaskan faktor-faktor yang mem-pengaruhi kelajuan suatu benda.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru memberikan contoh soal cara menghitung kelajuan suatu benda.
       .      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kelajuan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
       .      Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
       .      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              - Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
              - Gerak jatuh peloncat indah tergolong GLB atau GLBB?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah yang dimaksud dengan GLB?
              -    Apakah ciri dari gerak lurus beraturan?
       .      Pra eksperimen
              -    Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian GLB dan cirinya.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh GLB.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLB.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan suatu benda.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian GLB dan cirinya.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gerak lurus beraturan.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan GLB.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan suatu benda.
       .      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kecepatan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikan.
       .      Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
       .      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              - Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
              - Kelereng yang kita lempar tegak lurus ke atas, termasuk GLB ataukah GLBB?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah yang dimaksud dengan GLB?
              -    Apakah ciri dari gerak lurus berubah beraturan?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian GLBB dan cirinya.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh GLBB.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLBB.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kelajuan dan percepatan suatu benda.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan GLBB.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan dan percepatan suatu benda.
       .      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kecepatan dan percepatan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikan.
       .      Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
       .      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


Sumber Belajar

a.       Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs untuk kelas VII (Wasis, Sugeng Yuli., dkk) hal 140-157
b.        Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar

a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG 
       -      Uraian
c.    Instrumen:
       1) Ulangan
            A. Penilaian Pemahaman konsep
                  Pilihan Ganda, Menjodohkan, Uraian
             B. Penilaian Kinerja Ilmiah
                  I. Penilaian Proyek, dan II. Penilaian Produk


                                                      ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



......................                                                                          ..................................
NIP.                                                                                                                NIP.





###########################################################

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                                 Jenjang Sekolah              :     Sekolah Menengah Pertama
                                 Mata Pelajaran                :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester               :     VII / 2
                                 Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit

Standar Kompetensi 5 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar 5.2 :
Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan cabang-cabang biologi.
2.      Siswa dapat mengartikan metode ilmiah.
3.      Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah metode ilmiah.
4.      Siswa dapat menyebutkan sikap ilmiah.
5.      Siswa dapat menyebutkan sifat metode ilmiah.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Cabang-cabang biologi
2.      Metode ilmiah
3.      Sikap Ilmiah

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi
         3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Bagaimanakah tahap-tahapan metode ilmiah ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah mengenal lingkungan.

2.      Kegiatan Inti :
a.   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dengan anggota antara 4 – 5 siswa.
b.   Melakukan diskusi tentang :
1.      Cabang-cabang biologi
2.      Metode ilmiah
3.      Langkah-langkah metode ilmiah
4.      Skap Ilmiah
5.      Sifat Metode Ilmiah.

3.      Kegiatan Penutup
               a.   Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
               b.   Guru memberi tugas rumah.
        


E.     Media Pembelajaran
         Charta langkah-langkah metode ilmiah.

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs untuk kelas VII (Wasis, Sugeng Yuli., dkk)
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian
         1.   Teknik                :     Tes tertulis
2.      Bentuk               :     Tes Uraian
3.      Instrumen soal    :     a.   Sebutkan cabang-cabang biologi ?
                                       b.   Apakah metode ilmiah ?
                                       c.   Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah ?
                                       d.   Sebutkan sikap metode ilmiah ?
                                       e.   Sebutkan sifat metode ilmiah ?



                                                                                       …………..,………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran IPA





…………………………                                               …………………………….
NIP : …………………                                                 NIP: ……………………..
                                                                                                                                                                                                           















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                 Jenjang Sekolah              :     Sekolah Menengah Pertama
                                 Mata Pelajaran                :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester               :     VII / 2
                                 Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit

Standar Kompetensi 5 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar 5.3 :
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.

A.     Tujuan Pembelajaran
         1.   Siswa dapat menyebutkan macam-macam mikroskop.
2.   Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mikroskop.
3.      Siswa dapat membuat preparat.
4.      Siswa dapat mengamati preparat dengan mikroskop.
5.      Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mikroskop.

B.     Materi Pembelajaran
Mikroskop dan penggunaannya

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi, Percobaan.
         3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Alat apakah untuk mengamati benda yang berukuran sangat kecil ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami pengelompokan alat-alat laboratorium yang mudah pecah dengan lainnya.

2.      Kegiatan Inti :
a.   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dengan anggota antara 4 – 5 siswa.
b.   Siswa diminta mengamati sebuah mikroskop, kemudian dapat menyebutkan bagian-bagian mikroskop.
c.   Siswa mengamati butir pati kentang dengan mikroskop, kemudian menggambarnya.
d.   Diskusi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mikroskop.

3.      Kegiatan Penutup
               a.   Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
               b.   Guru memberi tugas rumah.
        


E.     Media Pembelajaran
         Alat dan bahan yang menunjang pembelajaran

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs untuk kelas VII (Wasis, Sugeng Yuli., dkk)
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian
           1. Teknik                :     Tes tertulis dan Tes Unjuk Kerja
2.      Bentuk             :     Tes Uraian dan Isian


                                                                                       …………..,………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran IPA





…………………………                                               …………………………….
NIP : …………………                                                 NIP: ……………………..
                                                                                                                                                           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                                 Jenjang Sekolah              :     Sekolah Menengah Pertama
                                 Mata Pelajaran                :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester               :     VII / 2
                                 Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit

Standar Kompetensi 5 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar 5.4 :
Menerapkan Keselamatan Kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menyebutkan bahan-bahan berbahaya di laboratorium.
2.   Siswa dapat membuat tata tertib kerja di laboratorium.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Bahan-bahan berbahaya
2.      Tata tertib laboratorium

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi
         3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Apakah di laboratorium sekolahmu sudah mempunyai tata tertib ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami perbedaan alat dan bahan yang ada di laboratorium.

2.      Kegiatan Inti :
a.   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dengan anggota antara 4 – 5 siswa.
b.   Siswa diskusi tentang  bahan-bahan berbahaya.
c.   Siswa diskusi tentang tata tertib dan keselamatan kerja di laboratorium.

3.      Kegiatan Penutup
               a.   Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
               b.   Guru memberi tugas rumah.
        
E.     Media Pembelajaran
         Alat dan bahan yang menunjang pembelajaran

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs untuk kelas VII (Wasis, Sugeng Yuli., dkk) hal 140-157
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.




G.     Penilaian
         1.   Teknik                :     Tes tertulis
2.   Bentuk               :     Tes Uraian, pilihan Ganda
                                      


                                                                                       …………..,………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran IPA





…………………………                                               …………………………….
NIP : …………………                                                 NIP: ……………………..
                                                                                                                                                           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar